Inspektorat Rohul Beri Pemahaman SPIP Bagi 600 Pejabat Eselon 2, 3 dan 4

Inspektorat Rohul Beri Pemahaman SPIP Bagi 600 Pejabat Eselon 2, 3 dan 4

MEDIA CENTER ROHUL: Dalam upaya tingkatkan pemahaman Eselon 2,3 dan 4 terhadap Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), Inspektorat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul, taja Entry Meeting Rencana Penilaian Tingkat Maturitas SPIP di lingkungan Pemkab Rohul, Kamis (5/7/2018), di Sapadia Hotel, Pasir Pangaraian.

Kegiatan tersebut, digelar berdasarkan amanat Peraturan Pemerintah (PP) nomor 60 tahun 2010, yang mewajibkan seluruh pemerintah daerah kabupaten/ kota se-Indonesia, menerapkan SPIP sampai ke level 3, yakni untuk memahami, menerapkan serta  mengimplementasikan aturan yang sudah dibuat. 

“Sebelumnya Rohul berada di level 1 dengan nilai 0,86. Sementara, Pemkab menargetkan di tahun 2018 ini, harus sudah mencpai level 3. Sehingga seluruh pegawai sudah melaksanakan, mengikuti dan mengimplementasikan aturan yang sudah ada,” itu dikatakan Inspektur Inspektorat Rohul, Drs. M.Munif, M.Si, usai membuka SPIP.

Terangnya lagi, sebagai sampel untuk penilaian secara survey persepsi, Inspektorat Rohul mengikutsertakan 600 pegawai Eselon 2,3 dan 4, dibagi shif survey, yakni shif pagi 300 orang dari 8 instansi yakni Inspektorat, Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, serta Badan Kepegawaian Daerah. Sementara shif siang, yakni 300 orang dari 8 instansi lainnya pula.

Kemudian, kegiatan itu dibimbing oleh auditor muda BKP Perwakilan Riau, Darhaliman. Informasi dari tim penilaian tingkat SPIP Rohul. Di Riau menurutnya, baru 4 kabupaten/ kota yang sudah mencapai level 3 SPIP, yakni Kabupaten Pelalawan, Kepulauan Meranti, Inhil dan Kampar.

“Sementara untuk Rohul baru kita lakukan survey persepsi, dan untuk mengetahui Rohul berada di level berapa. Sehingga masih menunggu hasil survey dengan sampel 600 orang pegawai Eselon 2,3 dan 4 nantinya," tutup Darhilman.

Artikel Terkait