Peringati Hari Agraria Dan Tata Ruang, Bupati Rohul Serahkan 10 Sertifikat Tanah Waqaf

Peringati Hari Agraria Dan Tata Ruang,  Bupati Rohul Serahkan 10 Sertifikat Tanah Waqaf

Bupati Rohul Serahkan 10 Sertifikat Tanah Waqaf


MEDIA CENTER ROHUL- Bersempena peringatan hari agraria dan tata ruang tahun 2018, kementrian agraria dan tata ruang (atr) badan pertanahan nasional (bpn) kabupaten rokan hulu (rohul), senin (24/9/2014) menyerahkan 10 sertifikat tanah wakaf, kepada kantor kementrian agama kabupaten rokan hulu (rohul). 

10 tanah wakaf kunto darussalam tersbut rata-rata adalah lahan yang diwakafkan masyarakat untuk pembangunan masjid dan madrasah yang tersebar di kecamatan kepenuhan hulu, ujung batu dan kecamatan rambah.

Penyerahan sertifikat tanah wakaf tersebut, langsung diserahkan bupati rokan hulu h.sukiman, yang menjadi tamu kehormatan dalam peringatan hari agraria dan tata ruang di kantor atr bpn rohul, pasirpengaraian. 

Peringatan hari agraria dan tata ruang di kabupaten rokan hulu sendiri berlangsung khidmat. peringatan di isi dengan kegiatan simpatik seperti, pelepasan balon "merah putih", pemotongan tumpeng dan doa bersama. Dalam kesempatan itu, bupati juga serahkan satya lencana kepada asn di lingkungan atr bpn rohul.

Selain dihadiri bupati, peringatan hari agraria dan tata ruang di kantor atr bpn rohul tersebut dihadiri kepala atr bpn rohul, tarbarita simorangkir, kepala kantor kementrian agama rohul, syahrudin msy serta pejabat pembuat akta tanah se-rokan hulu.  

Usai peringatan hut agraria, bupati rokan hulu sukiman mengharapkan, hut agraria dan tata ruang tahun 2018 ini, dapat menjadi pelecut semangat bagi atr bpn rohul dalam memberikan kontribusi pada pembangunan di rokan hulu.  Apalagi sekarang kita lihat masih banyak masyarakat rohul, yang lahan mereka belum bersertifikat, jadi hari ini kita harapkan jadi momentum yang baik bagi atr bpn rohul untuk bersemangat melayani masyarakat, khusunya dalam memberikan kepastian status lahan masyarakat" harap sukiman.

Sementara itu, kepala atr rohul tarbarita simorangkir menyatakan, peringatan hari agraria tahun 2018 ini merupakan momentum atr bpn dalam mewujudkan kemakmuran rakyat. Salah satu upaya mewujudkan kemakmuran rakyat adalah dengan secepatnya melaksanakan pendaftaran tanah sistematis lengkap (ptsl).

Dikatakan tarbarita,  khusus di kabupaten rokan hulu, tahun 2017 lalu, atr bpn rohul sudah mencapai target 7.500 persil lahan yang disertifkat. Sementara tahun ini, target atr bpn rohul adalah 18 500 sertifikat, dimana  14.500 diantaranya sudah dterbitkan sertfikatnya termasuk tanah-tanah wakaf. Komitmen kita tentunya, kita tetap optimis 2018 kita bisa selesaikan program ptsl 100 persen" ucapnya.

Kepala kementrian agama kabupaten rokan hulu syahrudin.m.sy mengapresiasi komitmen atr bpn dalam melakukan sertifikasi lahan-lahan wakaf. 

Menurutnya, sertifikasi tanah wakaf ini sangat penting, guna menjamin tidak adanya gugatan dari ahli waris terhadap lahan yang sudah di wakafkan untuk kepentingan umat. Selain itu dengan sudah adanya sertifikat lahan tentunya akan memudahkan bagi pengurus masjid untuk mendapat kucuran bantuan dari pemerintah.

Dikatakan syahrudin, dari data kantor kementrian agama kabupaten rokan hulu,tanah waqaf yang terdata di rohul saat ini sebanyak 644 persil. Sementara dan yang belum terdata diperkirakan lebih dari 1000 persil. Dari 644 tanah wakaf yang sudah terdata, saat ini baru 153 persil tanah yang telah disertifikatkan. Dengan tambahan 10 tanah yang sudah disertifikatkan artinya sudah ada 163 tanah wakaf yang sudah memiliki sertifikat dan 481 persil lahan wakaf lagi kita harapkan tuntas tahun 2019" harap syahrudin.

  #mediacenterrohul #mcrohul #diskominforohul

Artikel Terkait