Pj Sekda Rohul Buka MTQ Ke IV Tingkat Kecamatan Kepenuhan

 Pj Sekda Rohul  Buka MTQ Ke IV Tingkat Kecamatan Kepenuhan

MEDIA CENTER ROHUl  – Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) H. Abdul Haris S.Sos M.Si secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke IV Kecamatan Kepenuhan, yang dipusatkan dihalaman Masjid Raya Taajul Islam, Desa Kepenuhan Timur, Kecamatan Kepenuhan, Kamis (28/6/2018) malam.

Selain dihadiri Pj Sekda Rohul, Turut juga dihadiri Kakan Kemenag Rohul H. Syahrudin M.Sy,  Kabid PIKP Diskominfo Rohul Juneydi S.Ip M.Si, Camat Kepenuhan Sakroni S.Sos, Camat Kepenuhan Hulu H. Junizar SSos, Sekcam Kepenuhan H. M. Yasin SKM (Ketua Panitia), Kepala MA Kepenuhan Amir Husin (Panitia), Kepala KUA Kepenuhan, Perwakilan Polsek dan Danramil Kepenuhan, Lurah Kepenuhan Tengah Mustafa Kamal, Dewan Hakim, Datuk Bandaro Sakti H. Bahtiar AH, Kepala Desa Se Kecamatan Kepenuhan, Panitia dan Ratusan masyarakat Kepenuhan.

Dalam sambutannya, Camat Kepenuhan Sakroni S.Sos mengucapkan apresiasi kepada Panitia dan seluruh masyarakat Kepenuhan yang ikut berpartisipasi dalam menyukseskan MTQ ke IV Tingkat Kecamatan Kepenuhan, mulai dari Pelaksanaan Pawai Takruf, Pembukaan hingga Pelaksanaan MTQ ini.

“Atas nama Pemerintah Kecamatan Kepenuhan saya sangat mengapresisasi dan berterima kasih kepada panitia pelaksana, unsur pemerintah kecamatan bersama masyarakat dan seluruh stakeholder yang turut menyukseskan ajang MTQ ke IV tingkat Kecamatan Kepenuhan ini,” kata Sakroni

Mantan Lurah Kepenuhan Tengah ini mengaku seluruh tampilan dari kontingen kafilah dari masing-masing Desa/Kelurahan memperlihatkan berbagai keterampilan dalam pawai ta’aruf dan pelaksanaan MTQ ini. Sehingga membuktikan bahwa masyarakat Kepenuhan begitu gembira dalam menyambut pelaksanaan MTQ ke IV ini. Hal itu  menunjukkan Kecamatan Kepenuhan merupakan Kecamatan yang religius dan Beradat.

“MTQ ke IV Tingkat Kecamatan Kepenuhan ini merupakan bukti dari upaya kita bersama dalam meningkatkan iman dan taqwa bagi masyarakat dalam mensyiarkan Islam. Hal ini mari kita dukung dan jaga selalu, karena menjadi bahagian yang tidak bisa dipisahkan dari kita semua dalam rangka menjadikan Kecamatan Kepenuhan yang religius dan beradat,” ujar Sakroni

Ia mengatakan, kafilah dari berbagai Desa/Kelurahan akan bertanding pada cabang yang diperlombakan seperti Cabang Tilawah (Tilawah Anak-anak, Tilawah remaja dan Tilawah Dewasa), Cabang Tartil Qur’an, Fahmil Quran, Syahhil Qur’an, Khattil Qur’an dan Hifzil Qur’an,Qiro’at Saba’ah, yang digelar selama lima hari ke depan, yang dimulai dari tangal 28 Juni hingga 2 Juli 2018.

“Saya mengucapkan selamat bertanding kepada Qori dan Qori’ah, Jadikan MTQ ini sebagai seleksi awal untuk tahapan selanjutnya dan berkompetisilah dengan baik agar mendapatkan hasil yang memuaskan, semoga dari MTQ ini akan melahirkan Qori dan Qori’ah terbaik, yang tentunya akan mewakili Kecamatan Kepenuhan dalam pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten nanti. Kita tentu berharap Kecamatan mendapat prestasi yang lebih baik dari tahun sebelumnya,” harap Sakroni

Sementara itu, Pj Sekda Kabupaten Rokan Hulu H. Abdul Haris S.Sos M.Si mengaku terpukau dengan kemeriahan dan semaraknya pembukaan MTQ ke IV tingkat Kecamatan Kepenuhan, dirinya mengibaratkan perhelatan MTQ Kepenuhan ini sudah selevel dengan Kabupaten.

Lanjut Abdul Haris, Semangat menegakkan dan mengamalkan nilai-nilai Al Quran dan menjadikan MTQ sebagai syiar Islam, diharapnya bukan semata-mata kegiatan seremonial belaka tetapi menjadi pijakan yang kuat dalam membangun mengamalkan dan menerapkan isi kandungan Al Quran.

“Pembukaan MTQ ke IV Tingkat Kecamatan Kepenuhan ini luar biasa meriahnya, ini tidak bisa digambarkan dengan kata-kata, ini sudah selevel dengan Kabupaten. Kita harapkan MTQ ini bukan kegiatan seremonial saja tapi bagaimana kita menjadikan Al Quran sebagai bacaan umat Islam yang bernilai seni dan menjadi pedoman hidup umat muslim. Manfaatkan MTQ ini sebagai evaluasi ditengah masyarakat, apakah kita sudah memiliki fasilitas dengan mendekatkan diri dengan Alquran,” terang Haris

Abdul Haris menambahkan, Penyelenggaraan MTQ merupakan agenda berjenjang dari tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten, Propinsi dan Nasional. Bahkan MTQ  bukan hanya digelar didalam negeri tetapi juga tingkat international yang selalu diikuti oleh peserta dari Indonesia.

“Untuk apa kita melaksanakan MTQ mulai dari Desa, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi bahkan Nasional. Perlu diketahui bahwa perhelatan MTQ ini untk merangsang dan mendorong jiwa kita supaya umat islam lebih dengan dengan alquran, Seperti Ustadz Indra Gunawan ini pernah juara MTQ tingkat Internasional, ini kita harapkan menjadi motivasi bagi qori dan qori’ah kita,” harap Haris

Haris berharap kepada dewan pengawas, tim verifikasi dan dewan hakim yang melaksanakan tugas dengan adil. “Kami berharap kepada Dewan Hakim untuk memerikan penilaian dengan jujur, sehingga mengahasilkan qori dan qoriah yang kompeten, Mari kita jaga bersama tujuan mulia dari MTQ ini,“ ungkapnya.

Diakhir acara, anggota Paskibra mengibarkan Bendera LPTQ diiringi lagu Mars MTQ oleh Pelajar Kepenuhan. Kemeriahan MTQ ke IV Tingkat Kecamatan Kepenuhan ditambah dengan penampilan tarian massal dan pesta kembang api.

Artikel Terkait