Ribuan Pelajar Meriahkan Pawai Semarak Ramadan 1439 H

Ribuan Pelajar Meriahkan Pawai Semarak Ramadan 1439 H

MEDIA CENTER ROHUL:  Gema akan memasuki bulan Ramadan 1439 H di Kabupaten Rokan Hulu yang dikenal dengan julukan Negeri Seribu Suluk saat sudah mulai dirasakan. Itu dibuktikan dengan digelarnya acara pembukaan pawai Semarak Ramadan 1439 H oleh Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu yang dipusatkan di ruas jalan Tuanku Tambusai Pasirpengaraian, Senin (30/4).
 
Kegiatan pawai semarak Ramadan yang konsisten dilaksanakan setiap tahun oleh pemerintah daerah itu, tidak lain mempertahankan syiar islam dengan melaksanakan berbagai kegiatan yang sudah menjadi tradisi ditengah masyarakat Rohul dalam menyambut datangnya bulan Ramadan 1439 H di Kabupaten Rokan Hulu. 
 
Selain di sejumlah kecamatan melaksanakan acara Khatam Quran dan kegiatan keagamaan lainnya. Menjelang memasuki bulan Ramadhan, Pemerintah Kabupaten Rohul menggelar acara pawai Semarak Ramadan yang di ikuti ribuan pelajar dari jenjang SD, SLTP dan SLTA di Kabupaten Rohul.
 
Pawai semarak Ramadan yang dilaksanakan selama sepekan kedepan itu, berlangsung meriah dan disambut antusias oleh pelajar dan siswa dari jenjang pendidikan yang ada.    Secara resmi, pembukaan sekaligus pelepasan peserta Pawai Semarak Ramadan 1439 H tingkat kabupaten itu, dilaksanakan oleh Bupati Rohul H Sukiman yang diwakilkan kepada Asisten II Setda Rohul Ir M Ruslan yang ditandai dengan pengangkatan bendera.
 
Turut mendampingi Forkopimda, Sekretaris LAM Rohul H Azhari SE, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Rohul Drs Yusmar MSi, Pemimpin PT BRI Cabang Pasirpengaraian H Bhakti Agung Siswanto SE, tokoh masyarakat, tokoh agama di Pasirpengaraian. Terpantau, kemeriahan pawai semarak Ramadan yang diikuti pelajar dan majelis guru di jenjang pendidikan SD, SLTP dan SLTA itu, menjadi perhatian bagi masyarakat dan pedagang rumah toko (Ruko) yang berada di tepi ruas jalan Tuanku Tambusai.
 
Berbagai macam aktifitas dari peserta pawai yang berasal dari masing-masing sekolah tersebut menampilkan kreasi, miniature bernuansa islami sebagai bentuk kegembiraan dari para pelajar dan majelis guru dalam dalam menyambut masuknya bulan Ramadan tahun ini di Kabupaten Rohul. 
 
Pawai Pekan semarak ramadan 1439 H yang merupakan kegiatan rutin tahunan Pemkab Rohul ini, terlaksana bekerjasama dengan Pengelola Masjid Agung Islamic Center (MAIC) Rohul itu, mendapat respon positif ditengah masyarakat di ibukota Kabupaten Rohul Pasirpengaraian dan sekitarnya.
 
Bupati Rohul H Sukiman melalui Asisten II Setda Rohul Ir M Ruslan MSi kepada wartawan, Senin (30/4) petang, mengaku sangat terharu dan gembira, melihat antusias ribuan pelajar dari berbagai jenjang pendidikan dalam mengikuti pawai semarak Ramadan 1439 H yang pesertanya sangat luar biasa, memadati jalan ruas Tuanku Tambusai
Pasirpengaraian. 
 
Kegiatan rutin tahunan ini, sebagai bentuk konsisten Pemkab Rohul dalam mempertahankan syiar Islam di negeri seribu suluk. Selain kegiatan ini bentuk kegembiraan masyarakat, menggaungkan dan menggemakan dalam dua pekan kedepan akan memasuki bulan Ramadan 1439H. 
 
Ruslan mengatakan peserta pawai Semarak Ramadan dengan pesertanya remaja dan anak sekolah itu, dapat memberikan kebiasaan nantinya, sebelum masuk bulan Ramadan, diingatkan dengan meriah seperti ini.  Dia mengharapkan semangat dan spirit para pelajar dalam menyambut datangnya bulan Ramadan di Rohul, dapat dipetik hikmahnya oleh generasi muda Rokan Hulu kedepan. Karena dengan adanya pawai semarak Ramadan ini, menimbulkan kreatifitas, inovatif terhadap anak. Sehingga setiap tahun diharapkan adanya karya dan kreatifitas generasi muda.
 
‘’Pawai yang digelar dalam memeriahkan menyambut bulan Ramadan ini, dapat membangun semangat kreatifitas pelajar dan terjalinnya hubungan ukwah islamiah, persatuan kesatuan dan kebersamaan masyarakat dalam membesarkan agama Allah SWT di Rohul,’’ tuturnya.

Artikel Terkait