Sekda Rohul Bukan Pelatihan Lahan Produktif Bagi Tim PKK

 Sekda Rohul Bukan Pelatihan Lahan Produktif  Bagi Tim PKK

MEDIA CENTER ROHUL –Sekretaris Daerah (Sekda) Rokan Hulu (Rohul) H. Abdul Haris S.Sos M.Si saat membuka Pelatihan Pemanfaatan Lahan Pekarangan Bagi Tim PKK Rohul, yang ditaja oleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Rohul, di Hotel Sapadia, Pasir Pengaraian, Selasa (30/4/2019).

Sekda Rohul, H. Abdul Haris S.Sos M.Si sangat mendukung dan mendorong kegiatan DTPH Rohul dalam melaksanakan Pelatihan Pemanfaatan Lahan Pekarangan Bagi Tim PKK Rohul ini, sehingga  masyarakat bisa memanfaatkan pekarangan rumah.

Kondisi pekarangan rumah selama ini terkesan menjadi lahan kosong yang tidak dimanfaatkan keberadaannya, padahal jika pekarangan rumah dimanfaatkan bisa ditanam beraneka jenis tanam-tanaman.

“Pekarangan rumah kita sangat berpotensi untuk  dikembangkan, terutama untuk tanama yang bisa dimanfaatkan keberadaannya bagi rumah tangga, seperti  cabai dan sayur-sayuran, serta akan mengurangani beban pengeluaran ruamah tangga itu," Jelas Haris

Kemudian, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Rohul Mubrizal SP MMA mengatakan  tujuan digelarnya kegiatan Pelatihan Pemanfaatan Lahan Pekarangan Bagi Tim PKK Rohul ini sebagai upaya untuk memberdayakan anggota keluarga agar tahu dan mampu membudidayakan, menerapkan dan memanfaatkan tanah pekarangan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan keluarga dan masyarakat dalam pemanfaatan lahan pekarangan, untuk membudidayakan tanaman pangan, buah, sayur dan tanaman obat keluarga, kemudian dapat mengelola ternak dan ikan, serta mengolah limbah rumah tangga menjadi pupuk kompos,” katanya. (MC/Diskominforohul)

Artikel Terkait