Bumdes Desa Kota Raya Raih SHU Tertinggi se Rohul, Bupati Sebut Peran Bumdes Dongkrak Perekonomian Masyarakat

MEDIA CENTER ROHUL – Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada warga desa Kota Raya dan seluruh Pengelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sumber Rezeki yang bersama-sama telah ikut membangun desa, Karena tingginya Laba Usaha Bumdes (LUB) ini berarti ikut berpartisipasi dalam membangun dan mendongkrak perekonomian masyarakat.

Pernyataan itu ditegaskan Bupati Sukiman saat memberikan sambutan dalam rangka Musyawarah Pertanggungjawaban Tahunan Bumdesa (MPTB) Sumber Rezeki Desa Kota Raya, Kecamatan Kunto Darussalam, Rohul, Sabtu (25/1/2020).

Sebelumnya, dikegiatan itu Bupati Sukiman secara resmi mengukuhkan Pengurus Karang Taruna dan Pengurus Bumdes Sumber Rezeki Desa Kota Raya, yang dihadiri juga Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman, Kadis DPMPD Rohul Margono S.Sos, Kabid PAUD Disdikpora Rohul Supangat, Camat Kunto Darussalam Ruslan S.Sos, Kepala Desa Kota Raya Agus Riyanto SP, Kepala Desa Muara Dilam Zulfikar SHi, Kades Pasir Luhur Soleman dan Kades se Kunto Darussalam serta ratusan pemanfaat Bumdes.

“Bumdes Sumber Rezeki ini sudah masuk kategori Bumdes sehat dan maju, jadi ini sudah bagus sekali kedepannya kita harapkan lebih ditingkatkan lagi, ini semua berkat masyarakat, Kepala Desa dan Pengurus Bumdes yang memiliki kesadaran tingggi dan bertanggungjawab dalam melaksanakan hak dan kewajibannya,” katanya

Dihadapan warga Kota Raya, Bupati Sukiman mengungkapkan keberhasilan Pemkab Rohul dalam pembangunan disektor Infrastruktur, pasalnya pembangunan jalan itu sesuai dengan motto “Membangun Desa Menata Kota”. Meski keterbatasan anggaran, selama 2 tahun kepemimpinanya, Pemkab Rohul telah membangun infrastruktur jalan sepanjang 160 KM.

“Setiap pemimpin itu memiliki niat untuk membangun, dizaman yang sebelumnya yang dibangun terfokus pada satu tempat saja, dizaman kepemimpinan saya selama 2 tahun 4 bulan tetap fokus dengan motto saya membangun desa menata kota, sudah sepanjang 160 KM jalan diaspal, jadi ini sudah saya hitung-hitung, jika kembali melanjutkan pembangunan ini selama 7 tahun mendatang berarti sudah sekitar 700 KM lebih akan teraspal,” ungkapnya

Diakuinya, Pembangunan yang dilakukannya saat ini tidak terfokus pada satu titik saja, tetapi bagaimana mewujudkan pemerataan pembangunan yang tersebar di 139 desa, 16 Kecamatan, 5 Kelurahan, 20 desa Persiapan dan 3 Desa Eks Trasmigrasi.

“Kita membangun itu menyesuaikan kondisi keuangan yang ada, apalagi postur APBD kita itu hanya berkisar 1,5 Triliun atau 1,4 T yang ada di Rokan Hulu, untuk biaya gaji PNS dan Honor saja sudah hampir 800 juta 1 tahun, selebihnya digunakan untuk pembangunan ini sesuai dengan keinginan masyarakat, kami selaku pimpinan menginginkan membangun desa secara merata di Rohul,” katanya

Sementara itu, Kepala Desa Agus Riyanto SP mengaku warga Kota Raya sudah bisa menikmati jalan aspal yang dibangun Pemkab Rohul dibawah kepemimpinan Bupati Sukiman, yang dibangun lebih kurang sepanjang 1,4 KM. Kedepannya, Ia berharap Pemkab Rohul terus meningkatkan Pembangunan di Desa Kota Raya.

“Alhamdulillah Pemkab telah membangun 1,4 KM jalan aspal dan lampu PJUTS dari Kementerian, ini lah manfaatknya kita menghadir para pemimpin kita, kemudian selain itu Desa Kota Raya juga dapat bantuan dibidang Pendidikan untuk permainan TK/Paud, informasi yang saya terima mendapat bantuan alat permainan Kementrian yang bersumber dari APBN,” jelasnya

Selaku Penasihat Bumdes Sumber Rezeki, Agus Riyanto membacakan Laporan MPTB Sumber Rezeki Tahun buku 2019, Modal Bumdes seak awal tahun 2010 sebesar Rp 544.284.000. Seiring berjalan waktu, Bumdes ini terus berkembang hingga per 31 Desember 2019 senilai Rp 2.271.113.161.

“Kami mengucapkan ribuan terima kasih kepada pemanfaat Bumdes dan seluruh Pengurus Bumdes yang telah bekerja keras dan tentunya tadi Pengurus Bumdes telah dikukuh dan dilantik mari sama-sama kita kita bangun dan kita majukan Bumdes Sumber Rezeki ini,” pintanya

Lanjut Agus Riyanto, Bumdesa Sumber Rezeki saat ini bergerak dibidang Unit usaha Simpan Pinjam dan Unit Kebun BUM Desa. Sementara jumlah dana yang telah disalurkan dariUED SP sampai Desember 2019 telah dimanfaatkan sebanyak 2.074 orang senilai Rp 39.800.197.000 dan jumlah perguliran Januari-Desember 2019 sebanyak 153 orang senilai Rp 4.551.300.000.

“Sehingga Laba Usaha Bumdesa/SHU dari tahun 2017 hingga 2019 terus mengalami kenaikan yang cukup signifikan, LUB tahun 2019 ini jumlah SHU sebesar Rp 456.135.727. Insya Allah ke depannya Kamis lalu sudah rapat internal Pengurus, kita akan buka Bumdes Mart modal dari Dana desa dan unit Simpan Pinjam, Peternakan Sapi modal dari bantuan keuangan dari Provinsi dam Pengadaan gas elpiji,” ujarnya

Ia mengatakan salah satu program dengan konsep kepercayaan dalam membina masyarakat kurang mampu dalam Program sosial memberikan bantuan berupa sapi ternak dan kambing kepada 10 warga kurang mampu yang saat ini telah berkembang dan berhasil.

“Selain itu kita juga bantu membangun rumah warga kurang mampu dan memfasilitasi kredit tanah untuk tapak rumah. Alhamdulillah kami doakan para pemimpin Rokan Hulu Bapak Bupati Rokan Hulu mudah-mudahan Allah berikan tentunya keberkahan dan amanah tentunya selanjutnya dapat memimpin kami,” harapnya. (MCRohul/Hen)


Post Terkait

Comments