Bupati H.Sukiman melalui Asisten II Setdakab Rohul, tutup kegiatan Forum Perangkat Daerah FPD Tahun 2020

Media Center Rohul - Bupati Rokan Hulu(Rohul) H. Sukiman di wakili Asisten II Setda Rohul menutup kegiatan Forum Perangkat Daerah ( FPD) tahun 2020, sebagai salah satu rangkaian materi dalam rangka pelaksanaan Musawrah Rencana Pembangunan Kabupaten Rokan Hulu, nantinya. Acara bertempat di Aula Bappeda Rohul,Komplek Pemda Rokan Hulu, Jumat (28/2/2020).

Kegiatan ,di awali dengan laporan dan pemaparan dari Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah,  (Bappeda) Rohul seklaigus Ketua Panitia, Nifzar, SP, M. AP, dan sejumlah Kepala Organisasi   Perangkat Daerah (OPD), Kasubbag Perencanaan OPD, para Camat,  para Staf lainnya.

Adapun Tema pembangunan Pemkab Rohul 2021 mendatang, yakni mewujudkan ekonomi inklusif  yang berdaya saing, termasuk bidang, infrastruktur, pendidikan, kesehatan, pariwisata, Pertanian, kualitas SDM layanan dasar layanan publik yang berkelanjutan," kata H. Ir. M. Ruslan, MSi.

Masih di tempat yang sama, Kepala Bappeda  Rohul, Nifzar, SP. M.AP mengulas, bahwa untuk mewujudkan ekonomi inklusif pembangunan mengarah pada kegiatan yang benar-benar dapat memberikan manfaat kepada  masyarakat. Bidang ekonomi dimaksud terkait dengan baik pertumbuhan, pendapatan perkapita sampai ke daya tukarnya.

Dengan kata lain, ekonomi inklusif tidak hanya sebatas penghitungan pertumbuhan ekonomi, tetapi juga menghitung apa dampaknya kepada peningkatan taraf hidup masyarakat," lanjutnya.

Kegiatan dimaksud lebih banyak terkonsentrasi kepada para petani atau penanggulangan kemiskinan, sehingga dengan demikian seluruh program kegiatannya dapat  menyentuh dan mengangkat harkat martabat kehidupan mereka, dimana sebahagian besar berdomisili di desa-desa.  Dengan demikian diharapkan pada tahun berikutnya  mereka tidak lagi berada pada garis kemiskinan," imbuhnya.

Nifzar, menguraikan, bahwa ada  5 konsentrasi titik fokus pembangunan ekonomi tahun 2021 yang  akan datang, yang di jabarkan dengan kegiatan penjabarannya  dan keberpihakan anggaranya  sektor yang lebih banyak dan berorientasi kepada masyarakat. "Kemudian kita tetap membangun infrastruktur sebagai prioritas, tapi tujuannya adalah untuk membuka konektivitas daerah dan wilayah-wilayah yang punya destinasi wisata,"  imbuhnya.

"Kalau sekarang income perkapita masyarakat Rohul,  Produk domestik regional bruto (PDRB)  sekitar 35,901 per kapita per tahun,  jadi masalah itu sekarang kan nilai tukar petani itu yang rendah itu yang kita ukur," imbuhnya.

Bupati H Sukiman, melalui Asisten Setkab Rohul H. Ir.M. Ruslan, MSi menyampaikan FPD itu, alur kinerja pemerintah, sebelum dilakasanakan  Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rohul, hal itu nanti disingkronkan dengan Pokok Pikiran (Pokir)  DPRD Rohul dan Program Kerja OPD serta Musrenbang Desa dan Kecamatan yang ada se Kabupaten Rohul. selain itu tentunya disesuaikan dengan perhitungan dan ketersediaan anggaran kita.

”Kita mau melaksanakan semua usulan tanpa tetkecuali, namun kemampuan keuangan kita terbatas, itu lah yang harus kita carikan yang terbaik, berdasarkan prioritas, mendesak dan bermanfaat untuk kepentingan umum atau masyarakat serta mencapai viai dan misi yang telah kita tetapkan bersama"  Tutup Ruslan.(Rls/MC/Kominfo)


Post Terkait

Comments