Plh Bupati Luncurkan Gerakan Cinta Zakat, BAZNAS Rohul Minta Dukungan Pemkab Untuk Menggali Potensi Zakat di Perusahaan

MEDIA CENTER ROHUL – Program Gerakan Cinta Zakat yang digagas oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Pusat telah diluncurkan Presiden Jokowi, ditingkat BAZNAS Rokan Hulu (Rohul) resmi diluncurkan Program Gerakan Cinta Zakat, oleh Plh Bupati Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si, Jum’at (30/4/2021)

Peluncuran program "Gerakan Cinta Zakat" ini digelar di Convention Hall Masjid Agung Islamic Center Rohul, turut juga dihadiri Ketua BAZNAS Rokan Hulu Drs. H. Armen ZA dan Komisioner.

Selain itu, tampak juga dihadiri Kakan Kemenag Rokan Hulu Drs. H. Syahrudin M.Sy, Wakapolres Rokan Hulu Kompol Willy Kartamanah, unsur Forkompinda lainnya, Kepala OPD Rohul, serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Rokan Hulu.

Disela Peluncuran “Gerakan Cinta Zakat”, Plh Bupati‎ Rohul Abdul Haris mengatakan "Gerakan Cinta Zakat" adalah untuk melanjutkan dan mendukung program pemerintah pusat yang telah diluncurkan Presiden RI Joko Widodo pada tanggal 20 April 2021 lalu.

"Kita juga di Kabupaten Rokan Hulu melakukan kegiatan serupa, bagaimana meningkatkan dan memaksimalkan potensi zakat yang ada," kata Plh Bupati

Plh Bupati berharap seluruh wajib zakat yang ada di Kabupaten Rokan Hulu, termasuk perusahaan yang memiliki kewajiban, untuk membayar kewajiban zakatnya melalui BAZNAS Rokan Hulu yang sudah eksis memungut dan mendistribusikan zakat kepada masyarakat, atau Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang sudah terbentuk di tingkat kecamatan dan desa.

"Mungkin selama ini sudah dilaksanakan namun dengan cara yang masing-masing untuk membayar zakat. Namun kita menganjurkan seluruh masyarakat dan perusahaan bisa membayar zakatnya melalui BAZNAS maupun UPZ," ajak Haris

Abdul Haris berharap potensi zakat yang cukup besar di Kabupaten Rokan Hulu bisa termaksimalkan, sehingga bisa menyelesaikan persoalan-persoalan umat.

"Tentunya zakat yang terkumpul juga akan dibagikan ke mereka yang berhak menerima zakat tersebut," harap Plh Bupati

Ditempat sama, Ketua BAZNAS Kabupaten Rokan Hulu‎ Drs. H. Armen ZA mengaku peningkatan pengumpulan zakat di Negeri Seribu Suluk, setelah adanya rekomendasi dari BAZNAS pusat dari tahun ke tahun terus meningkat.

Armen mengaku saat Komisioner BAZNAS Rokan Hulu dilantik‎ pada 2017, pengumpulan potensi zakat baru sekira Rp. 3,7 miliar.

"Alhamdulillah, naik terus setiap tahun lebih dari 20 persen, kenaikan potensi zakat yang berhasil dikumpulkan sampai Rp.4,7 miliar lebih.” Jelas Armen

"Ini semua berkat perjuangan dari Bidang Pengumpulan, dan tentunya kami secara umum di Komisioner BAZNAS Rokan Hulu," tambahnya

Armen mengaku pengumpulan zakat terbesar saat ini masih dari kalangan PNS di lingkungan Pemkab Rokan Hulu yang mencapai 97 persen.

Sedangkan tiga persen lagi dari masyarakat dan perusahaan. Sedangkan untuk perusahaan yang rutin membayarkan zakatnya setiap bulan, yaitu pihak PTPN V, Bank Perkreditan Rakyat atau BPR Rokan Hulu, serta Perumda Rokan Hulu Jaya.

Untuk zakat disalurkan PTPN V ke BAZNAS Rokan Hulu sendiri mencapai Rp.35 juta per bulan sebelum pandemi Covid-19, namun saat pandemi seperti sekarang, jumlahnya berkurang dari biasa.

Untuk potensi zakat di perusahaan perkebunan, diakui Armen, BAZNAS Rokan Hulu sudah beberapa kali menyurati pihak manajemen, bahkan Komisioner sudah bersilaturahmi dengan beberapa ‎perusahaan.

"Namun apa yang kami lakukan belum optimal, karena pihak perusahaan berzakat, tapi masih di lingkungan perusahaan," ujarnya.‎

Dengan telah diluncurkan "Gerakan Cinta Zakat", Armen berharap pengumpulan potensi zakat mengalami peningkatan, namun harus ada campur tangan dari Pemkab Rokan Hulu, terus rutin mengajak masyarakat, perusahaan, pengusaha dan Perbankan membayar zakatnya melalui BAZNAS, termasuk zakat dari personel Polres Rokan Hulu dan jajaran. (Hen/MC/Kominfo)


Privacy : Untuk Mengutip Segala Artikel Yang ada Website Resmi Media Center Rokan Hulu Diharapkan Untuk Mencantumkan Link Sumber. Terimakasih

Post Terkait

Comments