Tindak Lanjut Rakor Covid 19 Gubernur Riau, Pemkab dan Forkopimda Rohul Adakan Langkah Ekstra

MEDIA CENTER ROHUL - Gubernur Riau gerak cepat lakukan Rakor secara Virtual bersama Bupati/Walikota se Riau, dalam hal Penanganan Covid 19 Dan Persiapan Masa Peniadaan Mudik serta Persiapan Idul Fitri 1442 H.

Rakor dilakukan, Senin (3/5/2021), usai mengikuti rakor bersama Kemendagri dan beberapa Mentri lainnya yang mana dari hasil rakor mengajak seluruh Provinsi dan Daerah agar satu komando sesuai arahan Presiden RI terhadap penanganan Covid 19.

Pada kesempatan ini Gubernur Riau, H.Syamsuar meminta kepada seluruh Kabupaten/kota se Riau agar gencar dalam menangani Covid 19 dengan mengajak masyarakat mentaati protokol kesehatan dan jangan sungkan memberikan efek jera bagi yang melanggar dengan memberikan sanksi denda ditempat, kemudian terhadap pelaku usaha yang tidak mematuhi protokol kesehatan agar satgas bisa mengambil tindakan menutup usaha tersebut.

Tidak hanya itu, Gubri juga berharap kepada Kab/Kota kiranya lebih mengetatkan Penyekatan arus mudik di setiap Posko yang telah ditetapkan tanpa adanya kompensasi bagi yang melintas terkecuali yang sudah ditentukan seperti pejabat publik yang melintas dalam hal melaksanakan tugas dengan syarat melampirkan surat tugas dan bagi ibu hamil atau dalam darurat.

Sementara itu, Plh Bupati Rokan Hulu H.Abdul Haris,S.Sos,M.Si saat dikonfirmasi mengatakan bahwa adapun langkah yang akan dilakukan selain dari Penyekatan mudik dan PPKM dalam mengatasi penyebaran covid-19 di Rohul adalah pihaknya bersama Forkopimda dan Satgas akan melakukan upaya yang bersifat ekstra dalam artian upaya terjun langsung ditengah masyarakat seperti melakukan Penyemprotan Desinfektan diseluruh Kota hingga ke Kecamatan dan Ke Desa desa.

Selain dari pada itu, satgas bersama Forkopimda juga akan langsung turun menghimbau kepada masyarakat serta langsung mengatur kerumunan masyarakat agar tidak menyebabkan terjadinya penularan covid 19.

Haris menambahkan bahwa dari Pemerintah Daerah sendiri akan mengeluarkan 3 surat edaran yang nantinya juga akan diikuti dengan penegakan Surat Edaran tersebut ditengah masyarakat melalui OPD yang bersangkutan, yang mana salah satu Surat Edaran tersebut adalah bagaimana melaksanakan ibadah ditengah kondisi Pandemi Covid-19 terutama di Zona Merah, Orange, Kuning dan Hijau baik pelaksanaan sholat tarawih Serta nanti pelaksanaan Takbiran dan juga Pelaksanaan Sholat Idul Fitri.

" Final penerapan nya akan dibahas pada hari Rabu depan bersama Pemerintah Daerah, Forkopimda dan Majelis Ulama Indonesia," ucap Plh Bupati.

Kemudian juga akan dibuat Surat Edaran bagi Pegawai Negeri Sipil diseluruh Kab.Rokan Hulu untuk mejadi contoh bagi masyarakat, bagaimana menegakkan Protokol Kesehatan dan bagaimana juga mematuhi ketentuan untuk menghindari terjadinya penularan covid 19.

Selanjutnya jelas Plh Bupati, juga akan dikeluarkan Surat Edaran bagi Dunia Usaha agar dalam melakukan usaha mematuhi dengan ketentuan ketentuan Prokes diantaranya bagaimana tidak terjadinya kerumunan baik ditempat tempat makan, Ditempat perbelanjaan seperti pakaiandan sebagainya.

Selaku Plh Bupati Rohul dirinya berharap kerjasama yang baik dari seluruh dunia usaha agar dunia usaha ini tidak menjadi tempat penularan covid 19. (MCDiskominforohul/JK)


Privacy : Untuk Mengutip Segala Artikel Yang ada Website Resmi Media Center Rokan Hulu Diharapkan Untuk Mencantumkan Link Sumber. Terimakasih

Post Terkait

Comments