Upacara Hari Bela Negara ke 71 Sekaligus Peringatan Hari Anak Nasional

MEDIA CENTER ROHUL- Dalam rangka Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke 71 sekaligus Hari Anak Nasional tingkat Kab.Rokan Hulu (Rohul) yang dilaksanakan dihalaman Kantor Bupati Rohul, kamis (19/12/2019)

Bertindak selaku Inspektur Upacara Bupati Rohul H.Sukiman dan pemimpin upacara Danramil 02 Rambah Kapten Inf kasmir, pembacaan ikrar bela negara yang dibacakan kabid intel Kesbangpol Sumardi, S,S.

Tampak hadir dalam upacara ini ketua TP-PKK Rohul  Hj.Peni Herawati Sukiman, Ketua DW Hj.Netty Herawati Haris, Pejabat eselon II Rohul, Forkopimda, Camat, Kepala Desa (Kades), ASN dilingkungan Pemerintah Daerah Kab.Rohul, Pelajar Tingkat SD, SLTP dan SLTA.

Dalam Amanatnya Bupati Rohul membacakan amanat Presiden RI yang menyampaikan bahwa dewasa ini sama-sama kita cermati bahwa tantangan yang dihadapi bangsa dan negara kita semakin hari semakin berat, Indonesia hari ini adalah hasil semangat bela negara dari para pejuang kesuma bangsa. Demikianpula, Indonesia di masa depan, saya yakin  juga akan tetap bertahan sebagai bangsa yang besar dan berdaulat karena semangat bela negara dari seluruh anak bangsanya. Itulah api semangat yang tidak pernah padam dan harus terus kita kobarkan dalam menghadapi tantangan-tantangan baru di depan mata.

Selanjutnya Bupati Sukiman juga menyampaikan amanat Presiden terkait tantangan yang harus dihadapi yakni tantangan kemiskinan, keterbelakangan dan ketimpangan.

"Belum semua warga bangsa bisa mendapatkan pelayanan kesehatan, memperoleh pendidikan yang layak, mendapatkan fasilitas air bersih, menikmati listrik di rumah-rumah mereka dan juga bebas dari keterisolasian. Semua itu, tantangan nyata yang harus kita hadapi bersama".

Selain itu kesadaran bela negara tidaklah tumbuh dengan sendirinya, tetapi harus ditanamkan sejak dini melalui pendidikan kewarganegaraan. Anak-anak kita harus diajak untuk mencintai bangsanya, mencintai tanah airnya sehingga memiliki kebanggaan menjadi bagian dari Indonesia. Nilai-nilai bela negara harus ditanamkan dengan cara-cara yang  kreatif, inovatif serta  bisa adaptif dengan perkembangan zaman. Kita berada di era kemajuan teknologi informasi yang menuntut digunakannya cara-cara baru. Anak-anak muda perlu diberikan ruang untuk mengekspresikan kecintaannya pada tanah air. Dengan cara itu, saya yakin mereka akan bisa mewujudkan semangat bela negara melalui cara-cara yang lebih kreatif.

Dalam sambutannya Bupati Rohul juga menghimbau kepada insan penyebar luasan informasi untuk, jujur, berimbang dan bertanggung jawab, serta jadikan berbagai profesi anak bangsa sebagai ladangnya untuk ikut bela negara.

Usai pelaksanaan upacara yang bersempena juga dengan peringatan Hari Anak ini Bupati Rohul selaku ayah forum anak Rohul usai pelaksanaan upacara langsung melantik sekaligus pengurus forum anak rokanhulu di halaman Kantor Bupati Rohul.

Ditempat yang sama pelaksanaan Peringatan Hari Anak Nasional di tutup dengan penyerahan penghargaan kepada anak-anak pemenang lomba pidato 2 P (Pelapor dan Pelopor) dari forum anak Rohul, lomba senam tree ends forum anak se Rohul, sekaligus juga penyerahan penghargaan pelaksanaan sehari belajar di luar kelas tingkat SD, SLTP dan SLTA, serta penyerahan penghargaan kepada Bujang Dara Sonik Rohul. (MCRohul/JK)


Post Terkait

Comments