Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Banggar KUPA - PPAS Tahun 2020 Secara Sah Telah Disepakati

Media Center Rohul - DPRD Kabupaten Rokan Hulu(Rohul) kembali menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian laporan hasil kegiatan Badan Anggaran (Banggar) Pembahasan Rancangan Kebijakan Umum Prubahan Anggaran (KUPA) dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) Kabupaten Rokan Hulu Tahun Anggaran 2020, Minggu(20/9/2020).

Rapat paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Rokan Hulu Novli Wanda Ade Putra ini dihadiri oleh Pimpinan dan anggota DPRD Kab.Rokan Hulu Dari pihak pemerintahan di hadiri Bupati Rohul H.Sukiman, Sekretaris Daerah (Sekda) Rohul Abdul Haris, Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Rohul.

Kegiatan diawali dengan penyampaian hasil banggar oleh jubir Banggar DPRD Rohul yang mengatakan proses pembahasan KUPA PPAS APBD perubahan tahun 2020 berlaku sama sebagaimana pembahasan KUA PPAS APBD Murni tahun 2020 yang dibahas oleh Tim Badan Anggaran DPRD bersama tim anggaran pemerintah daerah untuk disepakati menjadi kebijakan umum anggaran APBD.

Bahwasanya pembahasan KUPA Tahun 2020 dilakukan karena adanya perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi kebijakan umum anggaran pendapatan dan belanja daerah khususnya dalam hal Penerimaan Daerah selanjutnya sumber dan penggunaan pembiayaan yang semula telah ditetapkan dalam KUA Perubahan tahun 2020, kemudian terjadi pergeseran anggaran antar OPD,antar kegiatan dan antar jenis belanja dan Rancangan pengalokasian anggaran untuk pencegahan dan penanganan penyebaran covid-19 serta adanya perubahan estimasi Silva tahun sebelumnya.

Kebijakan pendapatan Secara keseluruhan mengalami penambahan meskipun ada beberapa sumber pendapatan yang mengalami penurunan, adapun total pendapatan sebelum perubahan anggaran sebesar Rp 1.438.423.273.165. dan setelah perubahan Sebesar Rp 1.684.410.168.163,30 mengalami penambahan Sebesar Rp 245.786.898.998,30 atau mengalami kenaikan sebesar 17.08%.

Setelah disahkannya pembahasan KUPA PPAS akan ditindaklanjuti dengan membuat Nota kesepakatan dan penandatanganan KUPA PPAS P-APBD Tahun 2020 antara pemerintah daerah dengan DPRD Rohul. dan setelah penandatanganan ini diminta kepada pemerintah daerah untuk segera mengajukan ranperda tentang perubahan APBD tahun anggaran 2020.

dipenghujung Kegiatan Jubir Banggar DPRD Rohul mengatakan harapannya, mengenai penerapan disiplin dalam kebijakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Rokan Hulu yang saat ini telah diatur dalam Perbub No. 41 tahun 2020 agar dijadikan Peraturan Daerah Rokan Hulu sehingga memiliki kekuatan hukum yang lebih kuat dan berharap Ranperda ini di ajukan Pemerintah Daerah dengan segera.

Setelah disepakati nya KUPA PPAS P-APBD Tahun 2020, Sukiman Bupati Rohul Mengatakan akan menjadikan nya sebagai pedoman dalam penyusunan rancangan perubahan APBD tahun anggaran 2020.

Dirinya berharap semoga apa yang telah di ikhtiar kan mendapatkan ridho dari Allah sehingga tugas dan tanggung jawab yang diamanahkan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. (JK/MC/Kominfo).


Privacy : Untuk Mengutip Segala Artikel Yang ada Website Resmi Media Center Rokan Hulu Diharapkan Untuk Mencantumkan Link Sumber. Terimakasih

Post Terkait

Comments