Ikuti Vidcon dengan Gubri, Pemkab Rohul Siap Aksi Nyata Antisipasi Penyebaran Virus Corona

MEDIA CENTER ROHUL- Jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) mengikuti Video Conference (Vidcon) dengan Pemprov Riau yang dipimpin langsung Gubernur Riau H. terkait dengan laporan dan perkembangan pencegahan atau penanangan corona virus disease (Covid-19), di ruang rapat di Rumah Dinas Bupati Rohul, Senin (23/3/2020)

Video conference dengan Gubri ini diikuti Bupati Rohul H. Sukiman diwakili Sekda Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si, Kapolres Rohul AKBP Dasmin Ginting SIK, Kadis Kominfo Rohul Drs Yusmar M.Si, Kadiskes Rohul dr Bambang Triono, Dirut RSUD Rohul dr Novel Raykel, Kepala Dishub Rohul Andiyanto SH MH dan Kasat Pol PP dan Damkar Ridarmanto.

Dalam sambutanya, Gubernur Riau H. Syamsuar menekankan kepada Bupati/Walikota di Riau untuk melaporkan perkembangan penanganan Covid-19 didaerah masing-masing. Selain Covid-19, Gubri juga meminta kepada Bupati/Walikota untuk ketersediaan Pangan dan Sembako dan Pencegahan Karhutla.

"Untuk perkembangan Covid-19 di Riau, Orang Dalam Pengawasan (ODP) ada sebanyak 193 orang, Pasien dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 51 orang, 10 orang Negatif dan 1 orang positif," kata Gubri

Tambah Syamsuar, dia meminta kesadaran ekstra kepada masyarakat, karena Pemrpov juga sudah meliburkan sekolah, dengan harapan dapat memutus rantai penyebaran Covid-19 di Riau.

"Harapan saya kepada Bupati/Wako bekerjasama dengan Kapolres dan Dandim hingga Kapolsek dan Puskesmas serta seluruh pihak ikut peduli dengan antisipasi dan penyebaran Covid-19," ujarnya

Gubri juga mengatakan Bupati/Wako juga bisa melakukan penggeseran anggaran terkait penanganan Covid-19 berkoordinasi dengan Kejari, seperti untuk membiayai APD (Alat Perlindungan Diri), Rapid Tes, Masker dan Hand Sanitizer.

Ketika mendapatkan giliran menyampaikan laporan perkembangan dan penanganan Covid-19 di Kabupaten Rohul, Sekda Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si mewakili Bupati Rohul H. Sukiman mejelaskan, Pemkab Rohul terus komitmen mengantisipasi pencegahan Covid-19, antara lain telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) terkait pencegahan dan Penyebarluasan Covid-19, Meliburkan sekolah, melarang ASN keluar daerah, menyampaikan surat edaran ke Perusahaan-perusahaan.

"Selain itu Pemkab juga rutin melakukan Sosialisasi kepada masyarakat melalaui Baliho, Media, maupun lewat Radio milik Pemerintah Daerah Radio Swara Lima Luhak dan Radio Islamic Center Rohul dan menetapkan informasi satu pintu terkait Covid-19 di Media Center Diskominfo Rohul," terang Abdul Haris

Sementara untuk penanganan Covid-19, lanjut Abdul Haris, upaya Pemkab Rohul untuk melakukan penanganan Covid-19, telah menyiapkan Posko terpadu di kantor PMI Rohul dan 4 RS melayani Covid-19 serta tlah disediakan 10 kamar isolasi di RSUD Rohul.

"4 Rumah Sakit yang disiapkan oleh Pemkab Rohul itu seperti RSUD Rohul, RS Awal Bross Ujung Batu, Rs As-Zahra Ujung Batu, RS Surya Insani Pasir Pengaraian serta memanfaatkan Shelter BPBD Rohul dan ruangan VIP RSUD Rohul sebagai cadangan Isolasi," jelas Sekda

Upaya yang dilakukan Pemkab untuk pencegahan dan antisipasi Corona-19, tamba Sekda, Pemkab Rohul telah melakukan upaya dengan membangun Posko Kesehatan yang berada dipintu masuk Rohul seperti perbatasan Kampar, Bengkalis, dan Sumatera Utara yang dikawal dari Unsur Polri dan TNI.

Terkait diminta Gubri untuk penggeseran anggaran di APBD, Sekda mengaku Pemkab Rohul telah melakukan Penggeseran anggaran dalam penjabaran APBD Rohul, namun kisaran jumlahnya belum diketahui karena masih dalam penghitungan.

"Untuk Anggarannya kita belum selesai menghitung anggaran yang sesuai dengan kebutuhan, karena Covid-19 ini belum pernah kita alami jadi kita belum tau seperti apa terjadi kedepannya, tentunya anggaran ini sesuai dengan ketentuan dan kebutuhan," katanya. (MCRohul/Hen)


Post Terkait

Comments