Kado HUT Ke-39, Pemkab Rohul Akan Bangun Aspal Jalan Poros Desa Pasir Jaya

MEDIA CENTER ROHUL– Pada tahun 2020 ini Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) akan membangun aspal Jalan Poros Desa Pasir Jaya, Kecamatan Rambah Hilir. Pembangunan aspal itu sebagai kado terindah warga Pasir Jaya pada momen Hari Ulang Tahun (HUT) Desa Pasir Jaya ke-39, pasalnya selama hampir 39 tahun sejak menjadi Desa Defenitif, Desa Pasir Jaya belum pernah merasakan jalan aspal.

Puncak Peringatan HUT ke-39 Desa Pasir Jaya ditandai dengan kemeriahan Pawai Kebudayaan dan pemotongan tumpeng, yang dihadiri Sekda Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si, Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman, Ketua DWP Rohul Hj Neti Haris, Kadis PUPR Rohul Anton ST MM, Kadis DPMPD Rohul Margono S.Sos, Kadishub Andiyanto SH, Kaban Kesbangpol Rohul Musri S.Sos, Kadis DKPP Rohul Barikun, Camat dan Upika Rambah Hilir, Kepala Desa Pasir Jaya Rofi Yulianda Nasution SIP dan ribuan masyarakat.

Ketua Panitia Pelaksana H. Basri Sofian mengatakan peringatan HUT Desa ini digelar untuk mengenang kembali selama 39 tahun berlalu terbentuknya Desa transmigrasi ini yang dulunya hutan belukar, yang sekarang sudah menjadi Desa Pasir Jaya yang semakin hari bertambah maju.

"Peringatan HUT ke-39 ini kami melaksanakan bermacam-macam kegiatan mulai dari penampilan seni atau grup rebana yang ditampilkan bergantian diatas pentas malam tadi, juga dilaksanakan Calung budaya Sunda, budaya wayang kulit, kita menampilkan semua kebudayaan ini sebagai komitmen kita untuk menjaga persatuan dan kesatuan di Desa Pasir Jaya," katanya

Ia berharap momentum peringatan HUT Ke-39 Desa Pasir Jaya masyarakat tetap bersatu dan kompak membangun Desa Pasir Jaya dan mendukung program Pemkab Rohul, demi kemajuan Desa Pasir Jaya diseluruh sektor.

Kepala Desa Pasir Jaya Rofi Yulianda SIP mengaku Desa Pasir Jaya sudah banyak mendapat Bantuan dari Pemkab Rohul, namun terkait pengaspalan jalan Poros Desa yang saat ini dalam proses pelelangan, ia akan terus berkoordinasi dengan Bupati maupun instansi terkait.

“Meski demikian sudah banyak bantuan dari Pemkab, kemarin kita koordinasi untuk perbaikan jalan karena putus, Alhamdulillah sekarang sudah baik dan saya yakin 2020 ini kado terindah kita untuk Jalan poros Desa Pasir Jaya ini bakal diaspal,”

“39 tahun umur desa ini baru di zaman Bapak Sukiman baru bisa kita lihat ada perubahan. Saya selaku kepala desa menyampaikan kepada kita semua 2020 kita tidak akan berpaling, agar tetap melanjutkan kepemimpinan di 2020 yang akan datang,” kata Kades Rofi

Rofi menambahkan, Jalan poros desa di sepanjang pinggir jalan panjangnya kurang lebih 2.5 KM. Ia berharap kepada Pemkab untuk mengaspal jalan poros tersebut. “Karena bulan 12 Kemarin saya sudah bertemu langsung dengan bapak Anton sudah menyerahkan 3 proposal yang pertama itu proposal pengaspalan, kedua itu proposal pengerasan jalan DK3 dan terakhir itu proposal pengairan yaitu normalisasi aliran sungai dan semoga terealisasi,” harapnya

Selain infrastruktur jalan, Rofi menjelaskan pada tahun ini warganya mendapat sebanyak 217 sertifikat akan dikeluarkan oleh BPN. Ia mengaku juga akan mengajukan penambahan sertifikat kepada Bupati Sukiman.

“Nanti kita mau mengajukan lagi, karena pengajuan sertifikat untuk daerah transmigrasi itu harus tanda tangan Pak Bupati,” kata Rofi

Rofi menjelaskan selama persiapan dan pelaksanan puncak HUT ke-39 Desa Pasir Jaya ini, masyarakatnya kompak dan bersatu untuk membangun Desa Pasir Jaya, seperti pelaksanaan acara ini dengan swadaya, bantuan tenaga dan materil bisa terlaksana sukses.

“Saya yakin dan percaya tetap nanti kita akan bersama-sama melangkah bersama di bawah komando Bapak Sukiman untuk kemajuan Desa Pasir Jaya umumnya untuk kemajuan Rokan Hulu karena seperti lagu saat itu “Bersama kita bisa, bersatu Kita Maju,” katanya

Selain peringatan HUT ke-39 Desa Pasir Jaya, juga dilaksanakan Musyawarah Pertanggungjawaban Bumdesa (MPTB) Karya Anggun. Bumdesa Karya Anggun juga menambah Unit Usaha baru Saprodi (Sarana Produksi Pertanian) yang diresmikan langsung oleh Bupati Rohul H. Sukiman.

Sementara itu, Bupati Rohul H.Sukiman mengucapkan selamat Hari Jadi ke-39 Desa Pasir Jaya, ia mengaku berkomitmen untuk merealisasikan harapan masyarakat untuk mengaspalkan jalan poros desa. Karena selama 39 tahun masyarakat tidak pernah menikmati jalan aspal.

“Akan kita kasih pada tahun ini ya mudah-mudahan tidak terlalu lama prosesnya, nanti diperkirakan bulan April sudah bisa lelang atau Mei sudah bisa dinikmati oleh masyarakat, terkait panjangnya aspal, kita sesuaikan dengan kondisi keuangan yang ada,” katanya

Dengan telah diresmikannya Unit Usaha Saprodi BUMDesa Karya Anggun, Bupati Sukiman berharap dapat melayani,menyediakan dan meringankan kebutuhan bagi para petani, karena selama ini petani membeli alat-alat pertanian harus keluar membelinya ketempat lain.

“Kita selama ini mungkin beli sarana pertanian ke tempat lain atau ke Pasir sekarang sudah ada di Desa ini, tentunya dengan harga yang cukup murah, terjangkau dan lebih efisien yang bisa membantu Petani kita,” katanya

Dikegiatan itu, Bupati Sukiman juga akan mengeluarkan 7000 sertifikat untuk seluruh Eks Transmigrasi. Selain itu menaikkan gaji Guru MDA dari 200 ribu perbulan menjadi 400 ribu. Sementara Imam Mesjid dan Bilal 400 Ribu per bulan.

“Selain itu kita naikkan gaji Petugus Penyelenggaraan Jenazah 6 juta per kelompok/tahun, Insentif Kader Posyandu, KBM dan KBMD 25ribu menjadi 100rb, Bantuan Operasional untuk RW sebelumnya 300 ribu naik jadi 400 ribu/bulan dan RT yang biasnya 270 ribu naik menjadi 375 ribu,” pungkasnya. (MCRohul/Hen)


Post Terkait

Comments