Kantor ATR/BPN MoU dengan DISKOMINFO Rokan Hulu

MEDIA CENTER ROHUL- Kepala Kantor Agraria Tata Ruang (ATR)/ Badan Pertanahan Nasional (BPN) Rokan Hulu (Rohul), Tarbarita Simorangkir S.SiT, M.H. dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika ((Diskominfo) Kabupaten Rohul, Drs. Yusmar, M.Si, melaksanakan Momerendum of Understending ( MoU) sebagai bentuk ikatan kerjasama dalam penyebarluasan informasi tentang ATR/BPN di Media Center dan Radio Swara Lima Luhak yang berada di bawah Diskominfo Rohul,  serta memfasilitasi dengan media lainnya, disaksikan oleh para pengawas dan pelaksana Kantor ATR/BPN serta perwakilan pengelola Radio Swara Lima Luhak Kabupaten Rohul, bertempat di Kantor ATR/BPN Kabupaten Rohul, Pasirpengaraian, Senin ( 09/03/2020)

Penandatanganan MoU antara ATR/BPN Rohul dengan Diskominfo Rohul tersebut dalam rangka mendukung penyebarluasan Informasi Publik yang menjadi salah satu Komponen Penilaian dalam meraih Predikat Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK/WBBM), dilaksanakan di Kantor ATR/BPN

Sebagai mana di ketahui, bahwa Kantor Agraria Tata Ruang (ATR)/ Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Rokan Hulu, menjadi satu-satunya Kantor BPN di Provinsi Riau, yang diusulkan mendapatkan Predikat kantor Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK/WBBM).

Dalam kesempatan itu, Kakan ATR BPN Rohul Tarbarita juga mengulas langkah apa saja yang sudah dilakukan ATR BPN Rohul dalam meraih predikat sebagai kantor Predikat Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK/WBBM).

Tarbareta mengatakan "Pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas di Kantor Pertanahan Kabupaten Rokan Hulu telah dilaksanakan sejak tahun 2018. Kita sudah bentuk Tim Zona Integritas dan mencanangkan Zona Integritas secara eksternal yang dilaksanakan pada tanggal 22 Januari 2019 disaksikan oleh para penegak hukum dan Bapak Kakanwil BPN Provinsi Riau. Sehingga Kantor Pertanahan Kabupaten Rokan Hulu ditetapkan menjadi Calon Unit Kerja Berpredikat ZI menuju WBK/WBBM dari 38 satker di Kementerian Agraria dan Tataruang/Badan Pertanahan Nasional.

Tarbareta lebih jauh menjelaskan bahwa, Berdasarkan Surat Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Provinsi Riau No. UP.01.03/224-14/I/2020 tanggal 15 Januari 2020, Kantor Pertanahan Kabupaten Rokan Hulu ditunjuk untuk  diusulkan sebagai satuan kerja yang mempunyai komitmen untuk membangun Zona Integritas serta mewujudkan predikat Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK/WBBM) ke tingkat Nasional.

"Untuk itulah kami mengharapkan sinergisitas dari Diskominfo Rohul dalam membantu menyebarluaskan informasi melalui Media Center dan media lainnya serta Radio Swara Lima Luhak yang dimiliki Kominfo terkait 11 inovasi layanan di ATR BPN Rohul dan langkah apa saja yang sudah dilakukan dalam mewujudkan Kantor ATR BPN Rohul sebagai Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK/WBBM) kepada masyarakat.

Adapun 11 inovasi layanan yang yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik serta memudahkan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat yaitu, Pelayanan Tanah Wakaf (TAWAF), Pelayanan Rokan Cepat Roya, Pelayanan Rokan Cepat SKPT, Pelayanan Rokan Cepat Pengecekan Sertifikat.

Kemudian, Pelayanan Geographic Information System Tata Ruang (GISTARU), Pelayanan Verifikasi BPHTB 15 Menit, Pelayanan Cek Tata Ruang Mengetahui Posisi Bidang Tanah (CETAR MEMBAHANA), Pelayanan Sentuh Tanahku, Pelayanan Prioritas (PATRIOT), Pelayanan Percepatan Migrasi (PERMISI) dan Pelayanan Penanganan Pengaduan Pertanahan.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Drs.Yusmar M.si, mengapresiasi langkah ATR BPN Rohul yang kini membuka diri dalam hal penyebar luasan informasi Publik.  "Sebelumnya saya mohon maaf, selama ini memang ada paradigma bahwa ada beberapa instansi vertikal yang tertutup termasuk BPN. Tapi hari ini saya cukup kaget, ternyata ATR BPN Rohul saat ini telah membuka diri dan kami kira ini adalah sebuah inovasi dan terobosan yang sangat bagus. (MCRohul)


Post Terkait

Comments