Kapolres Rohul akan Tindak Tegas Oknum Penimbun Masker dan Sembako Ditengah Siaga Covid-19

Media Center Rohul – Dalam upaya pencegahan  penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Kepolisian Resor (Polres) Rokan Hulu (Rohul) telah  melakukan langkah-langkah dan terobosan bersama stakeholder, selain telah menyampaikan himbauan, larangan dan mengeluarkan maklumat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Polres Rohul juga sudah melakukan penyemprotan disinfektan ditempat pelayanan umum serta terus mengkampayekan hidup sehat kepada masyarakat dengan membiasakan mencuci tangan dengan menggunakan hand sanitizer.

“Sudah banyak kita lakukan langkah-langkah bersama seluruh pihak menyampaikan sosialisasi dan maklumat dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19. Seperti sudah kita lakukan melalui rekan-rekan media, melaui radio dan menyampaikan kepada masyarakat dengan pengeras suara melalui jajaran di Polsek-Polsek, Group What’s App (WA) Bhabinkamtibmas,” kata Kapolres Rohul AKBP Dasmin Ginting SIK, usai mengikuti Video Conference dengan Pemprov Riau yang dipimpin Gubernur Riau H. Syamsuar dan Forkompinda Riau, Senin (23/3/2020).

Kapolres Rohul AKBP Dasmin mengaku Polres Rohul dan jajaran terus mengantisipasi dan menjaga ketersediaan alat-alat dan sarana pendukung untuk mencegah Covid-19, seperti masker dan Hand Sanitizer, dengan harapan tidak terjadi penimbunan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Kita dari pihak Kepolisian khususnya Polres Rohul telah melakukan langkah-langkah diantaranya menjaga ketersediaan sarana prasarana terutama hand sanitizer, masker dan lainnya. Sudah kita lakukan langkah-langkah seperti hari ini kita juga sudah bekerja bersama dengan temen-temen yang lain, kita sudah mengecek ke gudang-gudang dan beberapa apotik untuk memastikan ketersediaannya,” kata AKBP Dasmin

“Perlu juga disadari karena ini sifatnya global tentu di mana-mana hal ini pasti akan berkurang peredarannya di masyarakat, yang sangat kita wanti-wanti adalah jangan sampai kekurangan, seperti saat ini masih ada oknum-oknum yang mencoba untuk mengambil keuntungan dengan cara menimbun ini pasti kita tindak tegas,” kata Kapolres

Terkait masalah harga Masker dan hand sanitizer, Diakui AKBP Dasmin itu sudah menjadi hukum pasar. “Saya kira tadi itu tidak bisa juga terlalu kita sampaikan harganya, karena barang langka sementara semuanya bukan hanya di Indonesia tapi ini di mana-mana, ini juga sudah menjadi hukum pasar, saya kira kalau masih dalam batas kewajaran tidak bisa juga kita melarang, namun kita harapkan harganya tetap terjangkau,” kata Kapolres

Selain pemantauan Masker dan Hand Sanitizer, agar tidak terjadi kepanikan ditengah masyarakat terkait persediaan stok bahan pangan, AKBP Dasmin juga mengaku ikut memantau harga sembako dan kebutuhan pangan, dengan telah melakukan pemantauan di Gudang Bulog.

 “Polres Rohul juga memantau harga sembako, jadi semua sembako kita pantau, sama halnya dengan waktu kita menjelang lebaran, ketika ada moment-moment tertentu dimana kebutuhan meningkat di masyarakat, kita lakukan langkah antisipasi jauh-jauh hari sebelumnya,”

“Untuk sembako ya, hari Selasa kemarin saya sudah cek langsung ke Gudang Bulog tadi pak Sekda juga menyampaikan bahwa ternyata di Pemda juga ada stok. Informasi dari Bulog untuk Rohul itu 3 bulan kedepan masih terjaga,” kata Kapolres

Kapolres berharap kepada masyarakat untuk  mengantisipasi penyebaran Covid-19 ini dihadapi dengan bijaksana. Masyarakat harus tetap antisipatif tapi jangan terlalu panik dan diharapkan masyarakat selalu menjaga pola hidup sehat dan olah raga secara teratur dan meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing dengan mengikuti informasi serta himbauan resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah. (Hen/MC/Diskominfo)


Post Terkait

Comments