Pelaksanaan Kegiatan Kukerta Goes To School Oleh KUKERTA UNRI DESA PASIR MAJU

Dalam rangka implementasi tri dharma perguruan tinggi  yakni pengabdian masyarakat. Terkhusus dibidang pendidikan pengabdian kepada masyarakat maka Tim Kukerta Universitas Riau Desa PasirMaju, Kac.Rambah, Kab.  Rohul melaksanakan kegiatan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa terkhusus desa dimana tempat pengabdian berlangsung.

Kukerta Goes To School merupakan salah satu dari berbagai rangkaian kegiatan program kerja Tim Kukerta UNRI Desa PasirMaju, untuk menjangkau institusi pendidikan.Dengan mengambil isu-isua tau permasalahan yang dekat dengan masyarakat terkhusus siswa/i  yang ada di sekolah.Seperti isu pentingnya menjaga linkungan, keselamatan berkendara, pentingnya menjaga pola hidup dengan jajanan sehat di sekolah.

Adapun Sosialisai Tersebut dilaksanakan Pada Tanggal Berikut :

  1. Sosialisasi Jajanan Sehat (24/07/19). SosialisasiJajananSehat di SD Negeri 013 Rambah.
  1. Sosialisasi Lalu Lintas (25/07/19). Sosialisasi Lalu Lintas bekerjasama dengan Satlantas Polres Rokan Hulu di SMP Negeri 6 Rambah.
  1. Sosialisasi Go Green (27/07/19). Sosialisasi Go Green di SMP Negeri 6 Rambah.

Sosialisasi Go-Green “Pengurangan Penggunaan Sampah Plastik”

Kukerta Goes To School merupakan program yang dirancang oleh tim KUKERTA UNRI DESA PASIR MAJU 2019. Adapun rangkaian kegiatan ini yaitu 3 sosialisasi, salah satunya sosialisasi Go-Green bertema “pengurangan sampah plastik” .Sosialisasi Go-Green yang dilaksanakan pada Sabtu (27/7) tersebut bertempat di Aula SMP Neger 6 Rambah, Rokan Hulu.Dihadiri oleh perwakilan majelis guru dan seluruh siswa SMP Negeri 6 Rambah, RokanHulu.

Adapun tujuan sosialisasi ini untuk menumbuhkan kesadaran kepada para siswa akan pentingnya menjaga lingkungan serta mengedukasi bagaimana cara bijak dalam pengurangan sampah plastik agar dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

R MhdRamadhan R ( Koordinator Tim Kukerta Ds. PasirMaju 2019 ) menyampaikan “ Pentingnya menjaga lingkungan, perlu adanya sinergitas antara lingkungan dengan makhluk hidup. Tuhan menciptakan seluruh alam semesta dan segala isinya untuk kita jaga dengan sebaik-baiknya.”

Rais S.Pd( Guru SMP Negeri 6 Rambah ) menyampaikan “ Ucapan terimakasih yang sebesarnya kepada tim Kukerta karena telah bersedia berkontribusi, memberikan arahan dan pengatahuan melalui sosialisasi yang diadakan. Kegiatan sosialisasi yang diadakanpada 25 & 27 di SMP Negeri 6 Rambah tentu memiliki dampak yang positif terhadap siswa/i, selain itu memberikan motivasi untuk siswa/i agar dapat mengikuti langkah mahasiswa yang melanjutkan pendidikan hingga keperguruan tinggi.”

Materi disampaikan oleh salah satu tim kukerta unri desa pasirmaju 2019 yaitu Fusfavita Ramadayani menjelaskan tentang pengertian sampah plastik, dampak sampah plastic untuk diri sendiri dan lingkungan, serta bagaimana cara penanggulangannya, salah satunya ajakan untuk membawa botol minum dan kotak bekal kesekolah.

Diharapkan dengan diadakannya sosialisasi ini dapat menumbuhkan kesadaran siswa SMP akan pentingnya menjaga lingkungan serta menumbuhkan kepercayaan diri untuk membawa botol minum serta kotak bekal sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan, yakni pengurangan sampah plastik.

Sosialisasi Lalu Lintas

Tim KUKERTA UNRI DESA PASIR MAJU 2019 melaksanakan sosisalisasi lalu lintas bekerja sama dengan SATLANTAS POLRES ROKAN HULU, yang dilaksanakan pada Kamis (25/7) tersebut bertempat di musholla SMP Negeri 6 Rambah, Rokan Hulu. Kegiatan ini dihadiri oleh majelis guru dan seluruh siswa SMP Neger 6 Rambah.

Dalam sambutannya R Mhd Ramadhan R ( Koordinator Tim Kukerta Ds. PasirMaju ) menyampaikan “ Pentingnya melengkapi kelengkapan disaat berkendara, dan menyikapi lebih dalam lagi dampak yang akan dirasakan apabila terjadinya lakalantas. Bung Karno Pernah berkata, berikan aku 10 pemuda maka akan aku goncangkan dunia. Bagaimana mungkin kita bias menggoncangkan dunia jikalau kepala kita tergoncang terlebih dahulu oleh aspal. “

Dalam sosialisasi tersebut IPDA H.Torus Siregar dari SATLANTAS POLRES  ROHUL bersama tim RSDC (Riau Safety  Driving  Center) menjelaskan tentang kelengkapan keamanan berkendara, bagaimana cara berkendara yang baik dan benar, penjelasan tentang rambu-rambu lalulintas dan juga menjadikan shock terapi untuk siswa/i SMP Negeri 6 Rambah akan bahayanya lakalantas yang telah menjadi mesin pembunuh nomor satu di Indonesia yang hampir tiap detiknya dapat terjadi, serta merubah kebiasaan yang  tidak melengkapi standarisasi keamanan berkendara seperti memakai helm terutamanya untuk mencegah timbulnya cedera yang lebih parah ketika terjadinya lakalantas.

Diharapkan sosialisasi ini dapat menumbuhkan kesadaran siswa/i akan pentingnya mematuhi peraturan berlalulintas yang sudah diatur dalam UU lalulintas serta menajdikan siswa/i ikut serta sebagai pelopor keselamatan berlalulintas.

Sosialisasi Jajanan Sehat

Tim KUKERTA UNRI DESA PASIR MAJU 2019 melaksanakan soisalisasi jajanan sehat, yang dilaksanakan Rabu (24/7) bertempat di SD Negeri 013 Rambah sebagai upaya perbaikan status gizi siswa/i.  Keterkaitan peserta sosialisasi secara langsung maupun tidak langsung adalah sebagaiberikut :

  1. Murid : Mampu memahami dan memiliki pengetahuan tentang jajanan yang dijual bebas di sekitar
  2. Guru :Dapat mensosialisasikan kepada anak didik, orang tua serta para pedagang sekitar sekolah tentang jajanan
  3. Pedagang :meningkatkan kesadaran pedagang agar menggunakan bahan yang aman dan tidak

Suwandi S.Pd( Waka SD Negeri 013 Rambah ) menyampaikan“ Ucapan terimakasih yang sebesarnya kepada tim kukerta karena telah membantu guru dalam proses belajar mengajar & melaksanakan sosisalisasi di SD Negeri 013 Rambah. Sosialisasi ini sejalandengan program sekolah yakni kantin sehat, tentu ini menjadi pertimbangan kami pihak sekolah menyetujui kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan.“

Monika Siregar (Nara sumber dan anggota KUKERTA) mengatakan akhir dari kegiatan sosialisasi dalam rangka pengabdian masyarakat dapat meningkatkan pemahaman anak-anak tentang jajanan sehat dan selanjutnya dapat meningkatkan status gizi anak.

Kegiatan ini dilakukan dengan dua metode yakni dengan pelaksanaan sosialisasi perilaku bahaya membeli jajanan sembarangan di lingkungan, bagaimana cara memilih jajanan sehat bergizi, dan baik untuk perkembangan dan pertumbuhan anak. Kegiatan intervensi yang dilakukan juga disertai dengan pemberian posttest untuk mengukur sejauh mana pengetahuan mereka sebelum dan sesudah intervensi berupa sosialisasi jajanan sehat.Kegiatan ini bertujuan agar pemahaman dan pengetahuan kesadaran setiap individu.

Berikut Merupakan Galeery dari Kegiatan Pelaksanaan Kegiatan Kukerta Goes To School Oleh KUKERTA UNRI DESA PASIR MAJU


Post Terkait

Comments