Bupati H. Sukiman Instruksikan Agar Seluruh Jajaran dan Instansi Lainnya Berbuat Nyata Dalam Antisipasi Corona di Rokan Hulu

MEDIA CENTER ROHUL- Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman memerintahkan berbuat langsung dan nyata dalam rangka antisipasi menyebar nya Virus Corona.

"Walau sampai saat ini di tempat kita Alhamdulillah tidak ditemukan terinveksi Corona, namun kita tetap waspada dan antisipasi serta diikuti dengan berdoa kepada yang maha kuasa agar daerah dan masyarakat Rokan Hulu khususnya di jauhkan dan di hindarkan dari wabah ini,"Katanya.

Berbagai surat edaran sudah dibuat sesuai dengan aturan dan peraturan serta kebijakan dari Pemerintah Provinsi dan Nasional, sebagai landasan dan pedoman bagi aparatur pemerintah kabupaten, kecamatan sampai ke desa, dusun, RW dan RT.

Disamping itu, telah pula di buat tim  gugus kendali tingkat kabupaten, untuk penanganan dan pedoman serta dasar dibidang tekhnis dan non tehnis untuk antisipasi virus Corona yang sama sekali tidak kita harapkan di daerah kita, termasuk himbauan untuk pemuka agama, pemuka adat dan tokoh masuarakat secara berjenjang di tambah dengan himbauan ibu-ibu PKK dan seluruh organisasi wanita di Rokan Hulu dari Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Rokan Hulu.  Namun surat edaran dan himbauan tersebut belum lah cukup, di perlukan aksi dan bentuk nyata serta tindakan langsung dalam rangka memberikan perlindungan ke pada masyarakat.

Menindak lanjuti perintah orang nomor 1 di Rohul ini, berbagai tingkatan dan elemen serta komponen telah berbuat dan melaksanakan antisipasi kondisi tersebut. Kegiatan ini dapat di lihat dari berbagai usaha dan aksi yang dilakukan, baik oleh pemerintah, aparat keamanan dan kepolisian maupun masyarakat sendiri.

Seperti di Kecamatan Rambah, Kepenuhan, Kepenudan Hulu, Ujung Batu, Kabun dan Tandun dan beberapa kecamatan lainnya, camat dan kepala desa petugas Pol PP dan Kesehatan memantau warganya yang datang dari bepergian ke daerah lain, khususnya daerah yang telah terinveksi virus Corona, untuk di berikan pelayanan dan antisipasi dini dengan memeriksa suhu tubuh dan di anjurkan untuk tidak keluar rumah selama 14 hari kedepan. Para warga yang baru pulang dari luar daerah dengan suka rela dan tertib pula mematuhi anjuran petugas.

Hal yang menggembirakan petugas Kepolisian Rokan Hulu, seperti Ujung Batu, Kabun dan Tandun serta Rokan 4 Koto, hari ini Minggu, 22-02-2020' melaksanakan keliling kampung memberikan informasi kepada masyarakat melalui kendaraan motor dan mobil patroli untuk wargs tetap mengurangi ke luar rumah dan tidak keluar rumah kalau tidak ada urusan penting.

Sementara itu petugas kesehatan memberikan informasi yang akurat dan tepat tentang virus Corona ini. Sekaligus memberikan pemeriksaan dan pelayanan serta pengawasan kepada warga atau siapa saja yang masuk ke Rokan Hulu yang berasal dari tempat- tempat terinfeksi virus Corona.

Hari ini aksi dari beberapa camat dan Desa dalam rangka antisipasi warga telah dilaksanakan di kecamatn dan desa masing masing. Kegiatan ini terlihat dalam laporan camat kepada Bupati dan Sekda dalam wa group yang di bentuk untuk memudahkan komunikasi dan informasi dari desa ke kecamatan dan kabupaten maupun informasi dari kabupaten kekecamatan dan desa, utama tentunya ke petugas tekhnis seperti Dinas Kesehatan, RSUD, Satpol PP, perhubungan, Pendidikan, kepolisian termasuk Diskominfo.

Selain itu kepedulian maayarakatpun terhadap mewabahnya virus Corona sudah mulai terlihat, seperti melaksanakan kegiatan kegamaan dengan melaksnakan Ratik Tulak Baluo keliling kampung sebagaimana si laksnakan selesai Sholat Jumat 20-03-2020 di Surau Munai Desa Rambah Hilir Timur, Kecamatan Rambah Hilir dan suasana di luar rumah dan jalanan terlihat mulai lengang.

Dalam pada itu, masyarakat tetap di harapkan waspada dan tetap antisiapsi terhadap virus yang tidak tau dan tampak oleh mata kepala secara langsung ini, agar sama sama dengan pemerintah mengantisipasi secara serius, jangan sempat meremehkan namun juga jangan khawatir yang terlalu tinggi dan cemas. (MCRohul)


Post Terkait

Comments