Antisipasi Penyebaran Covid-19, Pemkab Rohul Siapkan Posko di Daerah Perbatasan

MEDIA CENTER ROHUL - Terkait mewabahnya Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) telah melakukan berbagai upaya dan mengeluarkan sejumlah kebijakan, tidak hanya mengeluarkan Surat Edaran tentang pencegahan dan antisipasi Covid-19, Call Center 119, Melarang ASN Dinas Keluar Daerah dan meliburkan anak sekolah.

Selain itu, Pemkab Rohul juga akan mendirikan Posko Kesehatan baik itu di pintu-pintu masuk ke Rokan Hulu maupun dari luar Rokan Hulu seperti dari Pekanbaru - Simpang TB Tandun dan Perbatasan Padang Lawas, Sumatera Utara. Pemkab mendirikan Posko didaerah perbatasan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, bukan berarti melarang orang untuk masuk atau berinvestasi di Negeri Seribu Suluk.

Hal itu ditegaskan Sekretaris Daerah (Sekda) Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si kepada Media Center Diskominfo Rohul, usai mengikuti Video Conference dengan Pemprov Riau yang dipimpin Gubernur Riau H. Syamsuar dan Forkompinda Riau, Senin (23/3/2020).

Diakui Sekda, untuk mendirikan Posko-posko tersebut dibutuhkan personil dan pembiayaan, termasuk pembiayaan-kelengkapan petugas, seperti untuk memenuhi alat pelindung diri (APD) dan juga peralatan peralatan kerja yang dibutuhkan.

"Nanti di Posko tersebut diisi oleh Petugas dan Tim Gabungan, hal itu tidak terlepas dari anggaran, makanya kita juga melakukan pergeseran anggaran dalam artian penyesuaian kebutuhan, kita hari ini telah melakukan pengecekan terhadap masyarakat kita, baik pengecekan yang sifatnya rutin maupun nanti mungkin pemeriksaan yang harus dilakukan jika ditemukan indikasi-indikasi dibutuhkan pemerikasaan lanjutan. Ini kan semuanya harus kita akomodir termasuk juga petugas-petugas kita harus bekerja ekstra," kata Sekda yang didampingi Kapolres Rohul AKBP Dasmin Ginting SIK dan Kadis Kominfo Rohul Drs Yusmar M.Si yang juga selaku Jubir Informasi dan Koordinasi Covid-19.

Dijelaskan Sekda, Pemkab melakukan penggeseran anggaran ini telah sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku. Selain itu, Pemkab juga telah melakukan koordinasi dengan BPK, Pemerintah Pusat dan Pemprov Riau.

"Sesuai dengan arahan hari ini kita sudah mendapatkan arahan, baik dari pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi maupun juga kita sudah didampingi dan dimonitor oleh BPK. Hari ini tentunya kita semuanya harus bersatu padu bagaimana kita menghindarkan masyarakat Rohul dari virus Corona yang kita khawatirkan ini, kita harus memberi ketenangan kepada masyarakat," kata Sekda

Sekda menjelaskan, mendirikan Posko-Posko tersebut merupakan upaya dan gerak cepat Pemkab bersama Forkompinda untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

"Kita dari Pemkab dan seluruh jajaran beserta Forkopimda akan selalu melaksanakan tugas bagaimana menjaga dan berupaya dengan maksimal agar penyebaran Covid-19 ini kita harapkan tidak terjadi di Rokan Hulu dan hari ini kita melakukan upaya-upaya tersebut, kita harus bersatu padu untuk dapat mengantisipasi Covid-19 ini," terang Sekda

Untuk penanganan Covid-19, Pemkab Rohul telah menyiapkan Posko terpadu di kantor PMI Rohul dan memanfaatkan Shelter BPBD Rohul dan Gedung BLK milik Pemprov Riau, yang telah disetujui Gubri Syamsuar.

Sementara, 4 Rumah Sakit yang melayani Covid-19 seperti RSUD Rohul yang telah menyediakan 10 kamar isolasi dan ruangan VIP sebagai ruang cadangan Isolasi. Selain itu, RS Awal Bross Ujung Batu, RS Az-Zahra Ujung Batu dan RS Surya Insani Pasir Pengaraian. (MCRohul/Hen)


Post Terkait

Comments